Jumat, 24 Desember 2010

OBAT TRADISIONAL INFLUENZA


 
Foto Gambar Virus Flu Influenza
Influenza atau Flu, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang mengakibatkan badan terasa panas dingin yang disertai pilek dan batuk-batuk. Yang diserang ialah sistem pernapasan, saluran pernafasan bagian atas. Masa tunasnya dalam 2 hari, tetapi kadang-kadang hanya 1/2 hari. Dapat menular dengan cepat melalui jalan pernafasan dari semprotan bersin, batuk, atau percikan ludah. Gejala-gejala influenza yang ringan-ringan saja, lazim disebut SALESMA (COLD)
Jika terkena flu, anda akan merasa tidak enak badan untuk beberapa hari, tapi anda mungkin tidak akan mengalami komplikasi dengan penyakit lain atau anda bisa saja membutuhkan perawatan rumah sakit. Jika anda memiliki sistem imun yang lemah atau penyakit kronis, flu dapat menjadi fatal. Untuk mereka dengan risiko tinggi flu, maka pertahanan pertama adalah dengan suntikan/vaksin flu tahunan.

GEJALA Flu “Influenza”

Sebenarnya, flu seperti pilek biasa dengan hidung yang berair, bersin dan pembengkakan tenggorokan. Tapi pilek biasanya berkembang secara lambat, dan flu datang secara tiba-tiba. Meskipun pilek dapat menjadi gangguan, anda biasanya lebih khawatir terhadap flu.

Beberapa tanda dan gejala yang biasa terjadi pada flu :

• Demam lebih dari 38 Celsius pada orang dewasa, dan sering sampai 39,5 Celsius sampai 40,5 Celsius pada anak.
• Panas dingin dan berkeringat.
• Batuk kering.
• Nyeri otot, khususnya pada punggung, lengan dan kaki
• Kelelahan dan lemah
• Hidung tersumbat
• Hilang nafsu makan
• Diare dan muntah pada anak

Faktor risiko Flu “Influenza”

Risiko flu meningkat atau dapat berkomplikasi jika anda :

• Bayi atau anak-anak
• Berusia lebih dari 50 tahun
• Memiliki penyakit yang kronis, seperti diabetes atau penyakit jantung, penyakit ginjal atau paru-paru.
• Memiliki sistem imun yang lemah, seperti HIV AIDS.
• Hamil ketika akan musim flu
• Penduduk yang ada di care center.
• Bekerja di care center.
• Secara reguler melakukan kontak secara dekat dengan bayi atau anak-anak.

Anak yang menggunakan aspirin dalam waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko dengan lebih besar. Vaksin flu aman bagi anak-anak usia 6 bulan atau lebih. Jika anak anda tidak berisiko akan tetapi tinggal dengan orang yang memiliki risiko tersebut, anda tetap harus memberikan vaksin pada anak anda. Cara tersebut akan mengurangi risiko anak anda terinfeksi. Lebih banyak orang yang terimunisasi, lebih sedikit flu akan menyebar pada sebuah komunitas.

Resep Obat Tradisional Untuk Influenza

Disamping adanya vaksin dan obat-obat modern yang digunakan untuk pengobatan inluenza, ada juga obat tradisional dari bahan-bahan alami yang tentunya tanpa efek samping, berikut resep-resepnya :

1. DAUN BAYAM DURI(10g), SEMBUNGLEGI(10g), ADAS DAN PULOSARI(10g), KAYU ANGIN(10g), DAUN RANDU(10g), Semua direbus dengan air 2 gelas hingga tinggal setengahnya. Diminum sedikit-sedikit untuk sehari.


2. Daun SEMANGGI 10 helai dipipis, diberi air masak 1 cangkir dan air jeruk nipis 1 sendok makan, diperas  dan disaring. Minum Habis. Buatlah tiap pagi dan sore.

3. Air Jeruk nipis 1 sendok makan, diberi sedikit  kapur sirih diaduk lalu diminum (2x sehari)

4. LEMPUYANG(1jari), CABE JAWA(3batang), JAHE(1jari), 
Semua dipotong-potong direbus dengan air 3 gelas hingga tinggal setengahnya. Sesudah disaring, diminum pagi dan sore.

5. Untuk hidung yang sengal-sengal atau buntu : 
Basahilah seluruh kepala (termasuk rambut) dengan air dingin sampai basah kuyup, agar kelenjar yang menyumbat hidung mengerut. Jangan terlalu banyak minum.

Penting : 

Sebaiknya penderita istirahat di rumah, tidur yang cukup dan menjauhi hawa dingin. Sediakan sapu tangan untuk menutup mulut bila bersin atau batuk. Obat yang khusus untuk influenza ini sebenarnya belum ada. Obat-obat seperti Aspro, Aspirin, Acetosal, APC Thermagon dan lain-lain sifatnya hanya untuk menghilangkan rasa sakit dan menguatkan tubuh.

Pencegahan

Menjauhi sumber penularan atau tidak berkumpul dengan penderita influenza dan meningkatkan kesehatan dan kebersihan badan. Penderita influenza jangan tidur bersama bayi, mencium atau menyusui.

Perhatian

Kalau pilek sampai lama tidak sembuh-sembuh atau disertai dengan bau busuk dalam hidung, segeralah pergi ke dokter, karena memerlukan pemeriksaan yang lebih cermat.

Tidak ada komentar: